Ini kunjungan pertama Anda? Baca dulu laman Bantuan!
x

Suara alami binatang disebut apa? Onomatope, kah?

0 suara
136 tayangan

Onomatope dalam KBBI didefiniskan sebagai kata tiruan bunyi entah itu binatang, tetes hujan, suara tembakan atau benda yang terjatuh. Penekanannya adalah "KATA" tiruan bunyi. Jadi ada suara yang tertangkap oleh telinga dan ketika kita berupaya menuliskannya, maka itu disebut onomatope

Nah, ada gak istilah khusus untuk menyebut suara alami binatang? Ketika kita mendengar suara "cicit" kita tahu itu tikus. Ketika ada yang mengeong berarti ada kucing dst

Makasih...

ditanyakan 30 Sep 2016 oleh calonproofreader

1 Jawaban

0 suara

Saya paham kegelisahan yang saudara maksud, mungkin istilah onomatope terasa terlalu luas karena mencakup pembahasaan seluruh bunyi menjadi kata, padahal hewan sudah pasti bisa mengeluarkan bunyi (walau tidak semua berkomunikasi dengan suara).

Ketika kita mendengar suara "cicit" kita tahu itu tikus. Ketika ada yang mengeong berarti ada kucing dst

Hemat saya, kata Onomatope sudah cukup untuk mengistilahkan contoh yang saudara maksud, atau jika dirasa kurang, saudara dapat digunakan frasa "suara hewan" untuk menunjukkan kekhususannya.

Di luar hal itu, dalam Wikipedia Indonesia (yang belum ada dalam lema kbbi3) untuk penelitian mengenai suara hewan dan dampaknya terhadap lingkungannya dikenal istilah, Bioakustika, yang didefinisikan sebagai:

Sebuah penelitian mengenai produksi suara, dispersi melalui media elastis, dan penerimaan pada hewan, termasuk manusia.

dijawab 7 Okt 2016 oleh awekos
...