Ini kunjungan pertama Anda? Baca dulu laman Bantuan!
x

mana yang benar, dimana atau di mana ?

–1 suara
1,193 tayangan

-

ditanyakan 16 Sep 2015 oleh anggy wahyu dwi s
ditag ulang 8 Okt 2015 oleh bennylin

1 Jawaban

+1 suara

TL;DR: di mana

Saya salin dari https://id.wikipedia.org/wiki/Dimana

Menurut Pedoman Umum Ejaan Bahasa Indonesia yang Disempurnakan "Kata depan 'di', 'ke', dan 'dari' ditulis terpisah dari kata yang mengikutinya kecuali di dalam gabungan kata yang sudah lazim dianggap sebagai satu kata seperti 'kepada' dan 'daripada'."

Penggunaan "di mana" (selalu ditulis terpisah) yang tepat hanyalah dalam sebagai kata tanya dalam kalimat tanya, sebagai kata penghubung yang menyatakan tempat, dan dalam bentuk "di mana-mana". Contoh

  • Di mana ia menginap?
  • Kami akan berunding tentang di mana ia akan menginap.
  • Di mana ia menginap, di situ keluarganya menginap.
  • Ia dapat menginap di mana-mana.

Untuk menerjemahkan dari bahasa lain (misalnya "where"), tidak semuanya bisa diterjemahkan jadi "di mana"

Untuk menghubungkan dua klausa tidak sederajat, bahasa Indonesia tidak mengenal bentuk "di mana" (padanan dalam bahasa Inggris adalah "who", "whom", "which", atau "where") atau variasinya ("dalam mana", "dengan mana", "yang mana", dan sebagainya)

Penggunaan "di mana", "yang mana", dll. sebagai kata penghubung sangat sering terjadi pada penerjemahan naskah dari bahasa-bahasa Indo-Eropa ke bahasa Indonesia. Pada dasarnya, bahasa Indonesia hanya mengenal kata "yang" sebagai kata penghubung untuk kepentingan itu, dan penggunaannya pun terbatas. Dengan demikian, penggunaan bentuk "di mana" maupun "yang mana" harus dihindari, termasuk dalam penulisan keterangan rumus matematika. Kaidah tata bahasa Indonesia memiliki kosakata yang cukup untuk menterjemahkan "who", "where", "which", "whom" tanpa menggunakan kata "di mana".

dijawab 7 Okt 2015 oleh bennylin
...